Senin, 01 Februari 2010

22-Q yang berbau kejutan

pertengahan bulan januari, aku udah niat buat ngerasain ganti "baju" di luar rumah jadi ga niat pulang ke rumah akhir bulan januari. niat kalo ini jadi yang terakhir dirayain bareng temen2 di kersent 77, pengennya bisa dirayain pas hari H.
21 tahun selalu ngerayainnya dilingkungan keluarga jadi pengen aja ngerasain jauh dari hangatnya kasih sayang keluarga (halah sok2an basi).
tanggal 30januari ayah telpon ngomongin kalo ayah ma ibu mau ke malang coz lagi ada acara di malang jadi sekalian mampir gitu. tanpa curiga aku iya'in aja.
tanggal 31januari sore dengan diiringi gerimis yang bikin males bangun, mbak kosku yang udah balik ke negeri-nya --Magetan-- dateng, jadi mesti deh disambut dengan applaus berkepanjangan.
ga lama setelah kedatangan mbak kosku, ayah ma ibu dateng sekitar jam 5pm. ngobrol2 dan ternyata kedatangan mereka ke malang bukan karena mampir. mereka berdua ga ada acara di malang sebenarnya, tapi gara2 besok tanggal 1 februari dan aku ga pulang. semua karena cinta-nya mereka padaku dan ini kejutan pertama buatku.
lepas maghrib kita bertiga keluar untuk makan malam, ditemani gerimis yang membuatku merasa bersyukur dilahirkan ditengah2 keluarga yang sangat hangat. meskipun target ngerasain hari jadi jauh dari orang rumah belum kesampaian.
pukul 7 malam ba'da isya, ayah+ibu pulang ke rumah. rasa-nya trenyuh di dadaku, pengen nangis terharu saat nganter mereka ke pintu gerbang kosan apalagi saat ibu mencium pipi-ku. sayang banget ama mereka berdua.
setelah mereka berdua pulang, mbak kosku yang rencananya nginep dikamarku ga jadi nginep gara2 pindah tempat bermalam. ya udah saatnya untuk REWIND, nulis daftar kejadian yang udah terjadi tahun kemarin. sorry ga bisa ditulis disini, kepanjangan soalnya.
abis sholat isya, aku ngunci pintu kamar. lagak-nya udah tidur tapi nggak kok. mana mungkin ngelewatin ritual ganti umurku. temen2 pada seliweran di depan kamar, ada yang nanya'in aku udah tidurkah. belum darling aku lagi bertapa di dalam kamar, jawabku dalam hati.
setelah nulisin daftar kejadian unik, aku merasa lapar. Garfieldku menunjukkan pukul 11.15pm, cari cemilan di depan tipi aah. keripik tempe dan rambutan jadi pengganjal perutku. sambil nonton metro10 ttg kerusakan lingkungan dan ngerasa heran kok bisanya kali jagir surabaya berperingkat 2, ini lebih parah daripada sungai ciliwung yang jadi urutan nomer 4 dari rating 1-10.
jam 12 kurang 10 menit aku balik ke kamar, sebelumnya ketemu neny, ditanyain kok udah bangun? yee ini aja belum tidur. Ciee, nungguin ucapan ultah ya? tanya neny. aku cuman ketawa, ga kok say cuman ritual jelang ganti umur, batinku. ga terlalu banyak berharap bakal ada ucapan dari orang yang dimaksud setelah peristiwa seminggu kemarin.
setelah itu aku beranjak tidur dan ga lupa matiin lampu, baru aja mejamin mata hapeku bunyi. Arey-chan yang jadi pertama, saking rajinnya ampe2 tanggal pengiriminnya masih tanggal 31januari, gpp kok say makasih banyak buat perhatiannya.
akhirnya, daripada aku ga bisa tidur gara2 bunyi2an itu, aku ganti profilku jadi senyap tanpa suara dan getar.
zzzz
hingga akhirnya jam 1.30am pintuku diketuk dari luar. aduuhh sapa sih? kupaksakan untuk membuka mata, berdiri dan berjalan membuka pintu. untuk berjaga2 adanya kejutan dunia lain, aku agak bergeser ke tembok, menjauh dari pintu.
tau2 ada lilin kecil yang nyembul ditangan retno, humzzz kejutan kedua meskipun ini tujuanku bertahan di kosan. tapi asli guys aku terkejut, biasanya kan kita ngasih kejutan pas jam 12pm or pagi jelang subuh. lah ini jam 1.30am.
belum sempet aku niup lilin secara sengaja, lilin mati tanpa dikomando. kaya'nya kena hembusan nafas dariku. suasana jadi agak rame gara2 ulah ms. ceroboh ini alias aku.
aku berjalan mundur dan lampu kunyalakan, lilin kembali dinyalakan. make a wish sebelum tiup lilin, rahasiaku ama Allah untuk yang satu ini. bumm, lilin mati.
roti bakar parahyangan jadi menu ganti usia waktu dini hari. baca kartu ucapan yang dibuat ama retno, neny, wina ama intan,,,,sangat menyenangkan ngerayain hari jadi pas hari H. biasanya kan diriku dapat jatah akhir bulan gara2 liburan semester. semoga kisah kita jadi kisah klasik dimasa depan.
dari sekian ucapan yang masuk, sms-nya ayah yang bikin diriku mbrambang, insyaAllah aku bakal buat ayah bangga secepatnya.
alhmdulillah-nya aku lum "dapet" jadi niat puasa di hari lahir, senin, keturutan. roti bakar jadi menu sahur juga.
jam 2am, acara diakhiri. mau-nya c sekalian sholat malam tapi kok masih ngantuk. akhirnya diputuskan buat sholat jam 3 aja. ganti profil normal dan pasang alarm, langsung ke alam mimpi meskipun tanpa mimpi apapun.
alarm berbunyi satu jam kemudian, cuma dimatiin tanpa ada keinginan untuk bangun dan akhirnya bangun pas adzan subuh. aduh, kehilangan momen tahajud. dasar setan yang ada dalam diriku berhasil membelenggu kakiku. nyesel sih tapi mo gimana lagi. insyaAllah masih bisa dhuha.
ibuku juga kasih selamat, 22 tahun lalu aku baru keluar dari kasih sayang rahim'mu dan akhirnya merasakan belaian kasih sayang wanita terhebat sampai saat ini.
tertidur lagi hingga jam 6am. keluar kamar ngeliyat matahari yang tertutup mendung. memutuskan mandi pagi dan berjanji dalam hati untuk lebih semangat lagi.
masih nungguin kejutan2 selanjutnya sepanjang hari ini coz this is special day for me.
alhamdulillah, hamba masih diberi kasih sayang yang melimpah dariMu dan dari orang2 disekitar hamba. semoga tahun ini menjadi tahun yang lebih baik bagi hamba dan tahun pemenuhan target sarjana, amiin.
ayo ta chan, malesnya dikurangi. jangan takut buat ngalah dan nangis buat kemenangan selanjutnya. pesan temen2ku, "jangan ragu melangkah."
jadi penasaran petualangan 22-ku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar