Senin, 20 September 2010

Ketika Lebaran T’lah Tiba (Saatnya Berkumpul dengan Keluarga)

Waah, udah lama banget ga nulis. Lagi sibuk –sibuk cari alesan buat bilang kenapa kok lama ga nulis =) — eh tapi bener sibuk lo! Sibuk coz banyak saudara datang ke rumah and anjangsana kesana kemari ;))
Tanggal 4 September 2010, aku pulang dari arjosari-malang. Akhirnya pulang ke Surabaya juga setelah hampir 2 bulan ga pulang. Bareng Rey chan, hukzz maafkan aku yang udah memaksamu pulang dari arjo coz harus ngejar patas =)) Sebelumnya dikosan, aku jadi penghuni terakhir yang mesti meriksa semua keamanan kosan, mulai air kran, lampu2, kunci pintu ampe gerbang depan. Setelah semua beres, baru deh lapor pak kos yang ga satu atap dengan kita. Deg-degan rasanya mau pulang, kaya waktu pertama mau pulang pas jaman maba. Jam 3.30pm aku ama Rey chan meninggalkan arjo menuju purabaya. Seneeenngg rasanya, kaya anak kecil yang diajak jalan kemana gitu, hahahay lebay.Sepanjang perjalanan, kita berdua cerita2 ga ada matinya, mulai dari cerita sidangku ampe cerita konyol di tempat kerja Rey chan. Heran deh ya, kita ini masih sering ketemu tapi ada aja yang mesti diobrolin. Tapi kita berdua udah bisa pegang janji untuk ga nge-bahas para “THE GUYS” kita berdua yang bikin makan ati dan membuat kita ga paham ama bahasa para mars itu. Japanan-Porong ga macet jadi-nya kita nyampe di purabaya sekitar jam 5pm. Kita mesti berpisah ditempat ini =( Aku dijemput ayah, Rey chan dijemput bapak. Aku kena bedug maghrib dijalan, so cuma buka teh kotak dan bablas ke rumah. Malam pertama di rumah, ga buat aku bisa tarawih di masjid, kumat malesnya. Dan itu-pun berefek ke sahur-nya,,,mesti dibangunin bolak-balik.
Huaah, puasa pertama yang penuh cobaan, panaaasss bangeeettt tapi ga apa sih, ga dikejar ngetik laporan (dugh, revisianku lum kelar T.T). jam 11am diajak keluar ama ibu buat nyari pesenan langganan plus cari baju lebaran, kalo nemu. Tujuan awal ke Grosir buat kulakan, dapet sih tapi gara2 baju ga ketemu akhirnya naek becak ke BG Junction, hualah. Ibu semangat 45, aku-nya rada males. Emang ga ada niat sama sekali, maklum-lah aku dah jadi orang udik selama hampir 4 bulan, pusing banget ngelihat banyak orang. Dapet baju-nya Mas ma Ayah, Ibu masih nyari tapi tetep ga ketemu. Aku yang ga niat nyari nemu baju lucu tapi stelah lihat harganya, waahh lebih lucu harganya. Jadi deh ga aku ambil. Setelah itu mampir big-market dan mencari bahan2 buat bikin Brownis Kukus. Sambil menunggu bedug maghrib di rumah mbah, aku ma ayah keluar cari makan berat, lebih tepatnya maem padang =)) Setelah makan rame2, kita berempat (mas ru nyampe sby jg) plus mbah pulang ke rumah. Mbah mo tidur di rumah, sekalian ntar pas ada buka bareng di rumha hari rabu tanggal 8 September. Perjalanan pulang ke rumah melewati jalanan itu….huz huz huz, udah deh just let him go away, it’s over darling.
Uhmm, senin is rainy day. Ga bisa kemana-mana, padahal berencana mau ke Siloam, bezuk ibu-nya temen dan akhirnya di pending besoknya, alhasil emang ga kemana-mana. Selasa-nya, wew panas puoolll, agak males sih keluar tapi karena dah janji keluar ya udah. Agak parno ama jalanan ampe nyasar ga karuan. Jam 3pm dah nyampe rumah lagi. Ffiiuuhhh, bener2 panas (kalo boleh bilang haus, aku sangat haus saat itu). Rabu-nya, konsen bantuin ibu buat menu buka bareng saudara, sengaja ngedatengin chief dari sidoarjo aliasnya sepupu yang kerja jadi chief =)) Wew, aku kalah terampil dari dia, secara dia cowok lho!! Jam 4pm, saudara yang domisili surabaya –sidoarjo ngumpul di rumah, jadi penuh sesak deh rumah. Jam 9pm, semua orang pada meninggalkan rumah, mbah ma sepepu yang kecil stay di rumah. Weh, bersih2 rumah, seneng sih coz rame banget tapi sedihnya, aku ga kebagian tarawih terakhir =”( Besok dah puasa terakhir, deg2an coz aku lum kedapetan bolong. Seharian persiapan buat lebaran besok, bersih2 rumah, nyiapin toples dan nonton tipi ama sepupu kecil. Adzan maghrib terdengar, Alhamdulillah aku bisa menyempurnakan 30hari puasa ramadhan. Takbir dan tahmid berkumandang, menyenangkan banget tapi aku merasakan sedih, aku belum optimal menjalani ramadhan kemarin, ya Allah semoga hamba masih Engkau beri kesempatan untuk bertemu RamadhanMu tahun depan, amiiinnn. Sepupu kecil pulang, rumah agak sepi lagi. Aku tertidur agak malam tapi ga berkualitas, ada sesuatu yang masih mengganjal. Dalam ide gila sebelum tidur, besok dia datang dan meminta maap atas kesalahan yang telah dia lakukan, kesalahan karena buatku ga tenang, hohohoho. Huaahh, how dare you!!! Kenapa sih kamu ga ilang aja kaya asap??
Pagi-nya, jam 4am, aku terbangun. Lihat jam di hape, wew, banyak nian ucapan met lebaran tapi kok aku ga kebangun ya? Uh-ha, aku mode silent dari siang. Ahahahay, maapkan aku teman, ntar aja aku bales. Teringat juga, ternyata aku belum mengirim ucapan lebaran juga,,,tuh kan betapa sibuknya aku =)) Berangkat ke tempat sholat, yaitu jalan utama perumahan ama ibu, mbah, mas dan ayah. Takbir dan tahmid terus aku lafalkan selama perjalanan, indah banget pagi ini, jam masih menunjukkan 5.15am. Tempat sholat masih sepi, kedapetan tempat di depan mimbar. Aku hampir nangis mengingat kejadian selama ramadhan yang aku rasa sangat kurang optimal sampai akhirnya ada lelaki yang subhanallah mirip banget ama yang aku harepin datang ke rumah pagi ini. Sedikit was-was jangan2 emang dia tapiii rumahnya kan jauh disana, kok bisa kesini?? Karena ngelihat dia terus2an, konsentrasiku buyar, astaghfirullah…maafkan hamba ya Allah. Koko putihnya plus peci itemnya en sarung kotak2nya buatku terus bertanya, akankah itu dia?? Sesaat dia noleh ke belakang, oow ternyata bukan, tapi serius deh bentuk mukanya mirip, tingginya iya, kurusnya iya, rahangnya yang menonjol itu dia banget. Takbir en tahmid berubah lafal jadi istighfar. Masya Allah, back to the reality, darling. Selepas sholat, aku udah ga ngelihat dia lagi. Saatnya sungkem di rumah dan dilanjutkan sarapan pagi, nyuummm. Sekitar jam 8am, saudara yang keturunan Madura datang jadinya mulai rame dah rumah. Ga lama kemudian, budhe dari sidoarjo telpon dan bilang kalau mau ke rumah. Sebelum budhe datang, bulek+paklek dan om plus tante datang bawa pasukan kecilnya. Waahh, rumah rame lagi. Untungnya brownis plus pudding coklat dah siap pas malam takbiran. Emang sih ini lebaran pertama kali yang rame saudara coz magnetnya kan emang ada di rumah, mbah kan lagi stay di rumah. Tetangga yang berdatangan pun ga sempet duduk coz memang ga ada tempat kosong. Rumah tambah rame lagi pas budhe sidoarjo datang ama bawa mantu+cucunya. Waahh, ga ada matinya. Jam 3pm, semuanya berakhir, semuanya pulang ke rumah masing2. Seneng deh lihat rumah rame pas lebaran, biasanya sih jam 12pm dah ga ada orang di rumah coz harus cap-cus ke pare-kediri =) Lepas maghrib, tetangga pada berdatangan kembali ke rumah, dikit rame lagi. Jam 7.30pm baru deh kita sekeluarga jalan ke tetangga yang udah sepuh. Baru sempet bales en ucapin lebaran pas malamnya, bener2 sibuk sob ;]
Besok pagi, terbangun dengan malas. Oow no, hari pertama-ku. Uaahh, bakal bad mood seharian padahal hari ini rencana mau ke pare-kediri. Setelah mengantar mbah kembali ke rumahnya, kita sekeluarga berangkat sekitar pukul 2pm, sepanjang perjalanan aku kena nyeri hari pertama buat aku tidur pules. Sampai di rumah mbah pare sekitar pukul 5pm. Ujan mengiringi perjalanan. Jalan ke rumah saudara besok pagi-nya dengan badan yang agak seger tapi moodnya up and down. Berencana ke Kediri tapi karena ayah kena diare jadi deh gagal dan rencana touring ke Kediri hari seninnya bareng temen kuliah yang rumahnya di Kediri juga gagal coz mood aku hilang and takut “banjir”, jadinya sekitar jam 7pm di hari minggu tanggal 12september kita berempat bertolak ke Surabaya dan nyampai di rumah sekitar pukul 10.30pm. Tidur nyaman di kamar, sendirian.
Senin itu berencana ke saudara-nya ibu di sidoarjo tapi ga jadi coz saudara yang kerja di Jakarta, main ke rumah ampe sore. Anjangsana-nya akhirnya dilakukan besok selasa. Ffiuuhh, panas nian niy sidoarjo. Jam 4pm berakhir sudah jalan ke rumah2 saudara. Ngelihat gede-nya Puspa Agro, kepincut ama pintu masuknya, pengen banget foto disana pas malam hari =)) Selasanya beranjangsana sambil ngelewatin kawasan rumah Opick -berondong yang udah buat aku termehek-mehek tingkat 3, kan yang tingkat 8 saat ini Ri-Kun ^^, yang pernah ampe tingkat 10 dulu Ary Suta (dari skala 10)- Rabu-nya ama Kamisnya Off, ga ada ajakan keluar dan lagi ga ada duwit buat di hambur2kan. Jumatnya ada saudara dari Malang en Jember, rame lagi. sabtu-nya harus berangkat pagi (jam 5am bo' udah otw ke bungerasih) ke rumah bu dhe yang di Malang selatan. berangkatnya ama ibuk tersayang. ngumpul2 lagi ama ponakan, ama mas en mbak,,,wuiihh senengngnya. akhirnya aku bisa maem ketupat sayur, bahkan aku dibawain ama Bu Dhe ^^...sorenya aku balik ke kosan malang [menghadapi revisi lagi :(], kosan sepiii bangeeetttt cuma ada 4 anak yang bubuk di kos. minggunya cekikikan ama temen2 kampus di acara halal bihalal bertempat di assalam-unmuh. SERUUU.
yaa begitu-lah acara lebaran tahun ini,,,dengan keluarga dan di penghujungnya bersama teman2,,tapi sepi rasanya tanpa ada sahabat2 abu2,,dan tanpa the special one (God, what must I do to him??)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar