Senin, 24 Mei 2010

Sebuah Catatan Tentang Festival Malang Kembali: FMK Ketika Sore Hari

Janjian jalan (lagi) ke festival malang kembali, kali ini ama temen kuliah. Rencana-nya kita mau berangkat ber-dua puluh tujuh tapi gara2 udah pada diluar kota dan kerja (baca: pada lulus) akhirnya yang mau ngumpul cuma delapan orang dan cowok yang ikut cuman satu. Waduh, parah banget nih ceritanya. Ya, ketika ke-egoisan dan ke-malasan sudah mulai meradang. Dress code yang aku buat sebenarnya batik tapi aku malah pake kebaya plus celana item (tuh kan, mentalku sebagai pelanggar kesepakatan mulai terbentuk), sempet ada protes dari temen2 sih tapi aku cuman ketawa, maafkan aku ya teman2ku. Janjian pukul 1pm (aku yang buat jadwal) pun akhirnya molor se-jam, jadi pukul 2pm (lagi2 aku-pun yang bikin molor, dasar Indonesia). Untungnya ngumpulnya di rumah salah satu temen deket lokasi festival jadi yang dah dateng ga garing di pinggir jalan. Ngobrol2 tentang rencana bikin persatuan alumni khusus program studi, akhirnya kita jalan tiga puluh menit lepas pukul 2pm. Hampir di gerbang jalan kawi, ashar terdengar tapi kita tetep jalan. Allah, maafkan kami. Suasana festival masih “agak” sepi (lebih sepi dibandingkan kalau malam hari) dan jalanan agak longgar. Pertama masuk, kita tertarik foto2 di pintu gerbang.



Akhirnya kita jalan menikmati sore sekaligus mengenang jaman kuliah buat yang lulus, buat yang belum lulus kaya aku gini istilahnya beda jadi mengenang jaman masih semester muda. Foto2 masih tetep jalan, namanya juga HIMAGIFO (himpunan mahasiswa gila foto).
Seperempat jalan udah kita lalui, istirahat bentar sambil dengerin jazz acoustic di panggung-nya sponsor salah satu provider. Lagu yang di-nyanyiin ga asing tapi aku ga tahu judul-nya. Hummz, ngelihat personel-nya lalu terpesona dengan permainan mereka dan style mereka terutama vokalis dan basisstnya (suatu kebiasaan mengagumi salah satu dari group band, vokalis atau basisst), gila cool banget. Aku cuman terperangah di depan panggung tapi dari kejauhan ama permainan acoustic mereka apalagi pas nyanyiin lagu Malam Biru-nya Sandy Sandoro. Ikutan nyanyi dengan suara keras, ga peduli diliatin orang2, aku jatuh cinta ama mereka apalagi vokalisnya. Aku ngebayangin mereka ini adalah temen2 rekaanku selama ini dimana aku suka ama vokalisnya yang merupakan sahabatku dari kecil, bernama Syahreza Maulana dan biasa kupanggil Azer. Fisik Azer dan vokalis band Friend (sepertinya nama band-nya itu deh) hampir sama, sungguh aku terpesona ama band ini. Menikmati aksi mereka selama lima menit buatku sangat puas dan akhirnya memberikan applause pada mereka bahkan aku sampai meminta salah satu temanku untuk membidik mereka dengan kamera. Kapan lagi ya bisa ngelihat perform mereka? Atau ngelihat perform musisi jazz lain wes, di kafe atau festival jazz. Perjalanan dilajutkan, nyari2 souvenir malang tempo dulu berupa pin or gantungan kunci (wew, nawar harga tapi ga dapet harga yang diinginkan tapi tetep aja kita beli; cari jajanan jadul seperti gulali oles emput, manisan labu, kedelai rebus, tebu; “menjaring” anak2 kecil buat dibidik. Untuk yang terakhir ini, kita ngedapetin anak kecil buat foto bareng dan aku menyadri bahwa salah satu temanku pedophil-mania. Hahaha, lebih parah dari aku yang suka berondong =D
Pukul 5pm kita berdelapan bergegas keluar dari area festival, ngelihat animo masyarakat yang mau masuk, wuiihh semakin banyak. Untung aja kita udah jalan dari tadi. Kita menuju masjid dan sholat ashar dengan mepet2 waktu maghrib. Jalan lagi ke tempat janjian awal dan melanjutkan ngobrol, makan dan istirahat. Sungguh indah kebersamaan ini, tapi masih sangat kecewa gara2 sikap temen2 lainnya. Separah itukah individualisme saat ini? Terlihat saja dari Kersent 77 dan Mutan 05 yang susah bener diajakin ngumpul. Ironis.

Malang, 22 Mei 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar